Menu

Mode Gelap
Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

Kesehatan · 3 Mar 2024 08:03 WIB ·

BNNP Kalbar Gelar Program Bangkit Dan Mandiri Menuju Generasi Produktif Bersih Narkoba


 BNNP Kalbar Gelar Program Bangkit Dan Mandiri Menuju Generasi Produktif Bersih Narkoba Perbesar

PONTIANAK – Guna memberikan pembinaan serta bimbingan kepada mantan pecandu atau penyalahgunaan Narkotika, Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat melaksanakan program rehabilitasi berkelanjutan dengan menggandeng semua elemen.

Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat bekerjasama dengan Yayasan Astra Honda Motor, Dinas Ketenagakerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Provinsi Kalimantan Barat program rehabilitasi berkelanjutan Pelatihan Otomotif kemampuam servis Sepeda Motor dengan melibatkan 30 peserta klien Pascarehabilitasi Narkotika di wilayah Kalimantan Barat.

Sebanyak 30 peserta klien Pascarehabilitasi Narkotika yang diantaranya berasal dari Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang dan Kabupaten Sambas yang diselenggarakan di UPT Pelatihan Kerja dan Produktivitas Tenaga Kerja Provinsi Kalimantan Barat mulai dari tanggal 25 Februari hingga 2 Maret 2024.

Dalam keterangannya Kepala Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat, Drs. Sumirat Dwiyanto, M.Si menjelaskan bahwa dampak multidimensi dari penyalahgunaan narkoba yang meliputi dampak kesehatan, dampak sosial, dampak hukum, bahkan dampak ekonomi sehingga perlu penanganan yang serius dan bersama-sama dengan melibatkan banyak pihak.

“Program ini bertujuan agar seseorang yang telah menjadi pecandu narkoba dapat lepas dari belenggu kecanduan narkoba dan menjadi masyarakat sehat dan produktif,” ucapnya.

Seseorang yang telah terlanjur menyalahgunakan narkoba dan bahkan telah menjadi pecandu harus diselamatkan sehingga menjadi manusia sehat dan lepas dari kecanduan bahkan menjadi manusia yang produktif.

“Dengan program rehabilitasi berkelanjutan yang diawali dengan detoksifikasi hingga pascarehabilitasi dengan harapan seorang mantan pecandu, disamping pulih dan tidak menyalahgunakan narkoba lagi, dan mereka menjadi produktif diterima kembali oleh keluarga dan masyarakat,” harapnya.

Sehingga setelah kembali ke keluarga dan masyarakat maka para mantan pecandu memiliki rasa percaya diri dan bangkit untuk mengembangkan potensi dirinya menjadi bagian dari masyarakat yang bisa berkarya dan produktif.

“Untuk itu menjadi tugas kita bersama, kegiatan pelatihan otomotif ini dapat terus berkelanjutan menjadi ruang bagi mereka untuk bangkit dan mandiri menuju generasi produktif dan bersih narkoba di wilayah Kalimantan Barat,” tambah Kepala BNNP Kalbar ini.

Dari kegiatan ini semua peserta telah menyelesaikan pelatihan dengan baik, antusias dan semangat dan dari 30 orang peserta terdapat 3 orang peserta terbaik.

Diharapkan setelah pelatihan tersebut para peserta akan mampu mengembangkan potensi diri sebagai tenaga montir dan dapat diterima pada bengkel-bengkel, membuka bengkel secara mandiri.

Dan secara umum para Mantan Pecandu, Keluarga Pecandu, dan Masyarakat Rentan Rawan Narkoba memiliki daya tangkal terhadap penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba dengan cara aktivitas positif, kemandirian ekonomi yang baik maka tidak mudah untuk menyalahgunakan narkoba. (Sumber : Humas BNNP Kalbar)

Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Polsek Senapelan Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Para Tahanan

21 Mei 2024 - 12:53 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Siap-siap Bagi Calon Pelamar ASN PPPK Tahun 2024

14 Mei 2024 - 08:17 WIB

Trending di Nasional