Menu

Mode Gelap
Bank Kalbar kembali Peroleh Anugerah TOP CSR WARD Tahun 2024 Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik  Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “

Nasional · 27 Feb 2024 02:18 WIB ·

Apa Itu Asesmen Bakat Minat SMP/MTS Tahun 2024


 Gambar: Pelaksanaan Asesmen Minat Bakat SMP/MTS Perbesar

Gambar: Pelaksanaan Asesmen Minat Bakat SMP/MTS

RilisAsesmen Bakat Minat (ABM) merupakan sebuah tes yang dirancang untuk mengukur potensi siswa dalam berbagai bidang, serta memprediksi kemampuan serta minat siswa berdasarkan ketertarikan yang dimiliki.

Tujuan utamanya adalah memberikan panduan kepada peserta didik dan guru Bimbingan Konseling (BK) dalam menentukan bidang keahlian yang sesuai, serta mendorong motivasi dan kenyamanan dalam proses belajar di sekolah atau madrasah.

ABM mengukur berbagai aspek, termasuk kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa. Tes ini juga dilengkapi dengan Tes Minat untuk memahami preferensi siswa terhadap bidang-bidang tertentu.
Prosedur pengembangan butir soal ABM telah di-standarkan untuk memastikan validitas dan kalibrasi soal. Dengan soal yang terkalibrasi ini, hasil tes dari berbagai subtes, waktu, dan paket yang berbeda dapat dibandingkan secara akurat.
Juknis ABM tahun 2023 menegaskan bahwa tes bakat dirancang untuk memprediksi keberhasilan peserta didik pada jurusan yang diinginkan, serta memberikan gambaran kemampuan siswa secara komprehensif dengan memadukan tes prestasi, tes bakat, dan tes minat.
Pelayanan ABM diselenggarakan di tingkat XII di berbagai jenis SMA/SMK/MA di seluruh provinsi menggunakan tes berbasis komputer (CBT) secara online. Ini bukan merupakan keharusan bagi siswa atau sekolah/madrasah, namun menjadi opsi bagi yang berminat dan memiliki infrastruktur yang memadai.
Pelayanan ABM tidak menarik biaya bagi peserta atau satuan pendidikan yang mengikutinya. Tujuan dari layanan ini adalah memberikan informasi tentang potensi siswa pada bidang-bidang khusus dan kesesuaian dengan minatnya, serta memprediksi kemampuan siswa dalam situasi atau jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Ringkasnya, ABM adalah sebuah layanan tes yang berfokus pada identifikasi bakat, kemampuan, dan minat siswa, dengan tujuan memberikan panduan bagi peserta didik dan satuan pendidikan untuk memilih bidang keahlian yang sesuai dan memotivasi siswa dalam proses belajar.
Tes ini diselenggarakan dalam bentuk online dan tidak memerlukan biaya bagi peserta atau sekolah/madrasah yang mengikutinya.*** Sumber: https://www.gurumerdeka.net

 

Artikel ini telah dibaca 20 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik 

27 Mei 2024 - 16:57 WIB

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Gebyar Karya Seni Mahasiswa Makul PKN Universitas Tanjungpura Pontianak Tahun 2024

18 Mei 2024 - 08:06 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Trending di Nasional