Menu

Mode Gelap
Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

Milenial · 5 Okt 2023 15:58 WIB ·

Dulu Disekolah Dibully, Sekarang Jadi TNI-KC Matra Darat


 Dulu Disekolah Dibully, Sekarang Jadi TNI-KC Matra Darat Perbesar

Pekanbaru – Dulu sering di bully di sekolah karena masalah ekonomi, sekarang digosipin tetangga kampung, “kok bisa jadi bagian dari TNI? begitulah manusia,” kata Prada KC. Solehudin pada postingan Facebooknya. Ia berasal dari Kabupaten Siak Provinsi Riau, yang telah mengikuti pendidikan militer di Pusdikpasus Batujajar Bandung, saat ditanya insanjurnalis.com Kamis (5/10/23).

Dia yang juga sebagai atlit voly dan suka berolahraga, pernah bercita-cita menjadi Prajurit TNI itu, keterbatasan apapun ia tak menjadi gentar. “Sebenarnya untuk berkompetisi mengikuti seleksi TNI, finansial bukanlah menjadi faktor utama, semua itu murni hasilnya. Tetapi karena jodohnya belum kesana, ya tergantung nasib dan ikhtiar kita itu yang benar. Alhamdulillah sekarang bisa bergabung di TNI-KC saya bersyukur sekali, kami juga bagian dari militer, yang siap kapanpun diperintahkan,” ujar Prada Solehudin.

Dilansir dari laman komcad.kemhan.go.id Komponen cadangan (Komcad) adalah Sumber Daya Nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama.

Merujuk UU No. 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara Komponen Cadangan adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Lanjut, Solehudin singkat mengatakan dirinya dan sesama letingan/seangkatannya juga melalui tahap-tahap yang sama pada seleksi seperti seleksi masuk TNI. “Ya kita juga diseleksi mas,” ujarnya pada wartawan insanjurnalis.com

Setelah menyelesaikan pendidikan TNI-KC, juga disandangi pangkat yang sama seperti TNI pada umumnya, golongan pangkatpun sesuai level kemampuan dan keahlian. Solehudin kini menyadang pangkat Prajurit Dua (Prada) dan masuk di wilayah Kodam 1 Bukit Barisan/BB.

“Kita bersyukur tak terhingga bisa bergabung Komcad dan dilatih militer bersama pelatih-pelatih yang hebat, apalagi saat di Batujajar banyak ilmu pendidikan militer yang kami dapat. Semuanya itu untuk membentuk jati diri, kepribadian diri yang lebih baik, serta kemampuan militer, guna kapanpun apabila negara ini pada situasi darurat membutuhkan kami harus siap, sesuai perintah dari Kementerian Pertahanan,” sambungnya.

Sesuai tugas pokok TNI-KC Komcad bertugas memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama dalam menghadapi ancaman demi menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI.

Editor: Ade Setiawan

Artikel ini telah dibaca 766 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Siap-siap Bagi Calon Pelamar ASN PPPK Tahun 2024

14 Mei 2024 - 08:17 WIB

(BKSAP) DPR RI Fraksi PKS, Sukamta: Rakyat Palestina Semakin Menderita 7 Bulan Diserang Israel

8 Mei 2024 - 13:20 WIB

Trending di Nasional