Menu

Mode Gelap
Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

Hukrim · 19 Jan 2024 13:09 WIB ·

Ini Komentar Tim Siber Polri, Soal Film “13 Bom di Jakarta”


 Ini Komentar Tim Siber Polri, Soal Film “13 Bom di Jakarta” Perbesar

JAKARTA – Film 13 Bom di Jakarta merupakan film action yang saat ini sedang tayang di bioskop. Film ini berdasarkan kisah nyata yang terinspirasi dari kasus terorisme yang melibatkan crypto exchanges Indodax pada tahun 2015. Beberapa Tim Siber Polri pun menanggapi bagaimana pesan dari film ini, setelah menonton di bioskop.

Kompol Hariman, Penyidik Dittipidsiber Bareskrim mengomentari, film tersebut dikemas dengan baik sebagai edukasi dan memperkenalkan apa itu Bitcoin, apa kripto.

“Sebenarnya, saya bukan pengamat film. Tapi, filmnya seru dan tidak gampang ditebak. Bagus banget untuk edukasi masyarakat,” katanya, Kamis (18 Januari 2024).

Dia menceritakan bagaimana Indodax selaku exchanges membantu penyidik dalam memberikan data pelaku, seperti memberikan IP Address dan lain-lain. Dengan adanya film tersebut, dia berharap agar exchanges lain dapat mempermudah pihak kepolisian dalam mengusut kejahatan kripto.

“Selama Ini, ini yang dilakukan oleh Indodax. Kita berharap exchanges lain dapat membantu kita dalam memberantas dan menangani kasus kejahatan kripto,” jelasnya.

Kompol Grawas Sugianto, Kanit 5 Subdit Siber Polda Metro Jaya juga mengomentari, film ini memang baik untuk mengedukasi masyarakat tentang kejahatan yang menggunakan aset kripto. Apalagi kripto saat ini sedang booming dan menjadi salah satu investasi yang menarik.

“Saya kenal Pak Oscar (CEO Indodax) semenjak harga Bitcoin Rp3 juta. Sekarang, harganya Rp600 juta. Semakin booming, semakin mahal dan semakin sering digunakan, sehingga menimbulkan tindak kejahatan yang lain,” katanya.

Salah satunya adalah investasi bodong yang menggunakan aset kripto. Dia berharap, agar masyarakat sudah memahami dengan bijaksana dalam menggunakan aset kripto. “Think before click! Itu yang selalu kami sampaikan. Supaya tidak menjadi korban kejahatan investasi bodong,” sambungnya.

Senada, Kepala Unit 4 Subdirektorat 4 Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kompol Seto Handoko Putra mengemukakan, film “13 Bom di Jakarta” memberikan pengenalan tentang kripto dan blokchain lebih luas kepada masyarakat.

“Filmnya keren ya, banyak action, total action, sangat informatif mengenai apa itu Indodax, apa itu bitcoin, pengenalan juga buat masyarakat luas, cocoklah buat ditonton,” katanya

Seto juga menjelaskan, kasus penggunaan bitcoin untuk mendukung tindakan terorisme memang belum ada. Tapi, pencucian uang ke bitcoin sudah ada. “Kalau untuk pencucian uang kita ada pengaduan, tapi terkait untuk bitcoin kami selalu bekerja sama juga dengan Indodax dan teman-teman, kebetulan hubungan cukup baik,” katanya.

Kepolisian membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat yang ingin melaporkan terkait pencucian uang ataupun bitcoin. Seto juga menambahkan Subdirektorat (Subdit) Siber Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya selalu memberikan imbauan terkait antisipasi bahaya “phising”, “malware”, maupun “ransomware”.

Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika

24 Mei 2024 - 02:32 WIB

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Polsek Kandis gagalkan aksi pencurian sarang burung walet

17 Mei 2024 - 04:02 WIB

Trending di Hukrim