Menu

Mode Gelap
Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik  Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

Nasional · 21 Agu 2023 04:55 WIB ·

KADAOPS Manggala Agni, Taufikurohman: Cuaca Ekstrim dan Lahan Gambut Pemicu Karhutla


 KADAOPS Manggala Agni, Taufikurohman: Cuaca Ekstrim dan Lahan Gambut Pemicu Karhutla Perbesar

insanjurnalis.com- Dua bulan terakhir mulai Juli hingga pertengahan Agustus 2023, cuaca ekstrim/panas yang menjadi pemicu terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) ditambah dengan kondisi area tanah gambut yang sangat rentan terjadi kebakaran.

Kata Kepala Daops Manggala Agni Kalimantan VIII/Pontianak, Taufikurohman saat melaksanakan upaya penanganan Karhutla, Minggu (20/8).

Ia mengatakan kegiatan operasi pemadaman api tersebar berbagai lokasi kebakaran di wilayah Kabupaten Kubu Raya dan Mempawah.

“Kegiatan pemadaman ini tidak hanya dilaksanakan oleh Manggala Agni saja, namun secara gabungan antara Manggala Agni Daops Pontianak, Polri, TNI, BPBD, Brigade KPH, MPA, Damkar Swasta dan Perusahaan serta kelompok masyarakat lainnya ikut aktif dan berperan serta dalam upaya penanganan ini,” ujar Taufik bersama Satgas yang tengah berpatroli usai memadamkan Api.

Lanjut, Upaya penanganan Karhutla juga melibatkan satuan tugas (satgas) udara, yaitu bantuan dari BNPB melakukan water bombing (WB) ke lokasi-lokasi kebakaran yang tidak terjangkau oleh pemadaman darat.

Prioritas penanganan karhutla adalah lokasi yang terdapat objek vital (obvit) seperti di Kubu Raya terdapat bandara supadio, juga yang mengarah ke pemukiman warga, sarana ibadah, sekolah, sarana transportasi.

Artikel ini telah dibaca 98 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik 

27 Mei 2024 - 16:57 WIB

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Siap-siap Bagi Calon Pelamar ASN PPPK Tahun 2024

14 Mei 2024 - 08:17 WIB

Trending di Nasional