Menu

Mode Gelap
Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik  Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

Kesehatan · 22 Jul 2023 05:42 WIB ·

Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Alifudin Apresiasi Program Kemenkes RI


 Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Alifudin Apresiasi Program Kemenkes RI Perbesar

insanjurnalis.com – Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kementerian Kesehatan kembali menggaungkan Pembudayaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), di Perkantoran sesuai Instruksi Presiden nomor 1 tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Tujuan Germas yakni mempercepat dan mensinergikan tindakan dari upaya promotif dan preventif hidup sehat, guna meningkatkan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit.

“Maril kita membudayakan GERMAS sebagai salah satu solusi hidup sehat, untuk mencegah faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM),” kata Bang Alif dalam pidatonya, Sabtu (22/7) pagi gedung Akbid Panca Bhakti Kubu Raya.

Lanjut, dr. Ratna Wulandari.,
Dirjen Tenaga Kesehatan RI mengatakan, Indonesia sedang menjalani 3 masalah kesehatan yang menjadi beban masyarakat Indonesia diantaranya: penyakit infeksi, tingginya penyakit tidak menular (PTM) dan timbulnya penyakit yang sudah diatasi.

“Penyebab dari masalah-masalah kesehatanini disebabkan oleh gaya hidup masyarakat. Selain itu PTM yang sedang meningkat yaitu Stroke, Penyakit Jantung Koroner (PJK), kanker dan Diabetes menempati urutan pertama” ujarnya.

Turut hadir dalam acara, Dr. Kelana K. Dharma, S.Kp.,M.Kes Direktur Poltekkes Kemenkes Pontianak. dr. Ratna Wulandari., Dirjen Tenaga Kesehatan RI. H. Mahyudin, M.Kes Dinas Kesehatan Kubu Raya. dr. Purwitasari Dinas Kesehatan Prov. Kalimantan Barat. Ketua DPD PKS Kubu Raya, Muhammad Salahuddin, S.T, M.T. Perwakilan Polres di Kubu Raya. Pemda Kubu Raya. Poltekkes Pontianak. Perwakilan puskesmas dan nakes di Kubu Raya. Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Penanganan penyakit ini juga dibebankan ke Pemerintah yang secara langsung akan menyediakan alokasi anggaran cukup besar. Dalam upaya untuk mengingatkan masyarakat, maka Kementrian Kesehatan RI mewujudkan program masyarakat hidup sehat (GERMAS) dengan tujuan menyehatkan bangsa Indonesia Program GERMAS ini.

Anggota komisi IX DPR RI Fraksi PKS Dapil Kalbar 1, H. Alifudin, SE.,M.M., mendukung dan mengawasi kegiatan-kegiatan dan program-program Kementerian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan, khsusunya masyarakat wilayah Kubu Raya, Kalimantan Barat.

“Kami memberikan apresiasi kepada Poltekkes Pontianak Kementerian kesehatan RI, selalu berkolaborasi dengan Anggota Komisi IX DPR RI bersama dinas-dinas kesehatan, untuk memberikan sosialisasi dan informasi kepada masyarakat,” tutur Bang Alif sapaan akrab sehari-hari.(De)

Artikel ini telah dibaca 99 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Lagi Senang Milih-milih Celana Pak Polisi Datang, Sofyan Ditangkap Tak Berkutik 

27 Mei 2024 - 16:57 WIB

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Polsek Senapelan Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Para Tahanan

21 Mei 2024 - 12:53 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Dandim 0322/Siak Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho M.Han Hadiri Penganugerahan Rekor MURI Outdoor Lift Pertama di Jambatan TASL

17 Mei 2024 - 08:34 WIB

Trending di Nasional