Menu

Mode Gelap
Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

Nasional · 8 Apr 2024 20:02 WIB ·

Tradisi Nyalakan Meriam Karbit Khas Pontianak Sambut Lebaran


 Oplus_0 Perbesar

Oplus_0

insanjurnalis.com – Tradisi Meriam Karbit menjelang hari raya Idul Fitri adalah momen yang ditunggu-tunggu warga Pontianak dan sekitarnya, bagi masyarakat Kalbar sudah tidak asing meriam karbit ini bisa kita kunjungi di tepian sungai Kapuas Pontianak.

Momen setahun sekali, setelah sebulan menunaikan ibadah puasa menyambut kemenangan dengan menyalakan meriam karbit adalah bentuk gembira masyarakat Pontianak khususnya tepian sungai Kapuas.

Uniknya, meriam karbit Pontianak berukuran jumbo alias besar, meriam yang digunakan ada yang terbuat dari balok pohon, besi dan pipa air besar.

Meriam balok adalah ciri khas original dari meriam Pontianak, namun seiring zaman tahun ke tahun masyakarat ada yang menggantinya dengan balok besi dan pipa berukuran besar yang bunyi itu tak kalah dahsyat menggetarkan jantung.

Sensasi menyalakan meriam inilah menjadi momen gembira masyarakat, dengan menyucul dengan obor. Tak kalah serunya meriam karbit Pontianak saling adu bunyi dan keunggulan dekorasi, setiap kampung/Gang  masing-masing mempunyai panggung (panggar meriam bahasa Melayu Pontianak) ditepian sungai.

Jumlah meriam yang dipertunjukkan mulai dari 4 bahkan ada sampai 10 buah meriam karbit.

Momen malam takbiran adalah puncak menyalakan dan adu bunyi, di tepian sungai Kapuas Pontianak riuh dengan bunyi dentuman yang menggelegar serta saut-sautan meriam hingga menjelang subuh, tradisi meriam karbit biasanya berlangsung 3 hari ada yang sampai seminggu lebaran masih menyalakan meriam karbit.

Penulis: @de

 

Artikel ini telah dibaca 21 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca

23 Mei 2024 - 02:31 WIB

Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “

22 Mei 2024 - 09:19 WIB

Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru

22 Mei 2024 - 08:03 WIB

Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

21 Mei 2024 - 19:26 WIB

Komnas HAM Papua Apresiasi Rekrutmen Polri, Ini 3 Alasannya

21 Mei 2024 - 19:12 WIB

Kapolresta Pekanbaru Bertindak Sebagai Inspektur Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke -116

20 Mei 2024 - 12:12 WIB

Trending di Nasional