Menu

Mode Gelap
Tim Unit Reskrim Polsek Kandis Amankan Satu Orang Diduga Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “ Kapolresta Pekanbaru di Wakili Kasat Binmas Serahkan Uang Pembinaan Kepada Atlit dan Pelatih Kota Pekanbaru Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

Kesehatan · 15 Agu 2023 08:14 WIB ·

Kemarau 2 Pekan Karhutla Terjadi Lagi di Kubu Raya


 Kemarau 2 Pekan Karhutla Terjadi Lagi di Kubu Raya Perbesar

Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) merupakan bencana yang hampir setiap tahun melanda di Kalimantan Barat, khususnya di Kabupaten Kubu Raya. Itu diakibatkan oleh kemarau panjang dan karena kondisi lahan gambut yang banyak, sehingga sangat rentan terjadi Karhutla.

Belum lagi pembakaran yang dilakukan untuk membuka lahan, hal tersebut menyebabkan asap yang sangat mengganggu aktifitas masyarakat dan bisa menyebabkan penyakit pernapasan Ispa.

Anggota DPRD Kabupaten Kubu Raya, Komisi III, Muhammad Salahuddin, S.T, M.T., sangat prihatin terhadap permasalahan Karhutla. “Perlu penanganan serius dari Pemerintah Daerah, bekerja sama dengan seluruh elemen baik itu dari POLRI, TNI, BPBD, Manggala Agni, dan masyarakat, untuk berupaya memadamkan api, yang terpantau saat ini di Kecamatan Sungai Raya dan Rasau Jaya,” ujarnya.

Selain itu, Salahuddin menghimbau pada warga Sungai Raya agar tetap menggunakan masker saat hendak keluar rumah. “Dikarenakan asap mulai tebal dan debu dari Karhutla masih beterbangan di udara, dan kepada orang tua agar mengontrol anak-anaknya agar tidak terlalu banyak main diluar rumah,” imbaunya.

Salahuddin mengajak masyarakat, untuk berusaha melakukan pencegahan, sehingga kebakaran lahan tidak menjadi besar. “Selain itu tentu kesiapan peralatan dan SDM yang senantiasa siap siaga ketika terjadi kebakaran hutan dan lahan, perlu didukung oleh Pemerintah Daerah,” tandasnya.(de)

Artikel ini telah dibaca 77 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Kapolsek Senapelan Dampingi Kapolda Riau Besuk Anak Menderita Penyakit Tulang Kaca

23 Mei 2024 - 02:31 WIB

Ciptakan Lalu Lintas yang Aman ,Tertib dan Lancar, Satlantas Polres Siak Gelar Program ” Bung Selamat “

22 Mei 2024 - 09:19 WIB

Patut di acung Jempol..Aksi Heroik Anggota Satlantas Polresta Pekanbaru Dalam Penyelamatan Warga yang Tersengat Arus Listrik

21 Mei 2024 - 19:26 WIB

Polsek Senapelan Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin Para Tahanan

21 Mei 2024 - 12:53 WIB

Kasdim Siak Hadiri Kegiatan Peluncuran Sistem Informasi Pengaduan Perempuan Ditandai dengan Rembuk Stunting Kabupaten Siak

17 Mei 2024 - 07:14 WIB

Jumat Curhat Polsek Tualang, Sarana Bersilaturahmi Bersama Masyarakat dan Mendengarkan Keluhan Warga

17 Mei 2024 - 04:32 WIB

Trending di Sosial